Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 Mati Total 100% Sukses

Cara Mengatasi Redmi Note 3 (Kenzo) Hardbrick / Mati Total / Unbrick Test Point – Hardbrick adalah suatu kondisi dimana Redmi Note 3 Pro kesayangan kamu tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali / Mati total.

Kasus seperti ini sangat sering terjadi pada kalangan yang suka memodifikasi xiaominya pada saat ada kesalahan akan terjadi Xiaomu Redmi Note 3 Pro kamu tidak akan bisa masuk ke recovery mode / fastboot mode hingga tidak ada notifikasi apapun saat dinyalakan, dicas atau tidak terdeteksi sama sekali di PC/Laptop.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari gagal flashing, OS yang rusak, gagal saat pemasangan TWRP dan masih banyak kemungkinan lainnya, kali ini kami akan membahas Cara Mengatasi Redmi Note 3 (Kenzo) Hardbrick / Mati Total / Unbrick Test Point.

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 Mati Total:

Kasus yang sering terjadi pada Redmi Note 3 Pro: 

  • Redmi Note 3 Pro kamu dalam keadaan mati total, tidak bisa masuk fastboot, recovery mode atau download mode (EDL mode) tapi bukan karena kerusakan hardware;
  • Device kamu stuck di Qualcomm USB 900e mode;

Persiapkan Alat Tempur:

  • Download MiFlashTools versi 20170425 (MiFlash ini sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi kamu tidak perlu install driver lain lagi.)
  • Download ROM Fastboot Redmi Note 3 Pro » kenzo_global_images_V8.5.6.0.MHOMIED_20170822.0000.00_6.0_global.tgz; (Ganti nama berkas ROM .tgz/tar menjadi berakhiran .zip kemudian ekstrak dan letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi);
  • Download Driver HS-USB QD Loader (EDL : Emergency Download Mode), Pilih salah satu sesuai windows yang terinstal di PC / Laptop kamu (Windows 32 bit atau Windows 64 bit);
  • Install Minimal ADB and Fastboot, berguna sebagai fastboot command;
Jika tidak ingin menghapus data (save user data) yang ada di smartphone kamu, baca terlebih dulu bagian paling bawah artikel ini sebelum flashing.

Langkah Perbaikan Xiaomi Redmi Note 3 Matot :

  1. Install MiFlash Tools di windows sobat.
  2. Selanjutnya ekstrak dan install QDLoader HS-USB Driver, klik Next hingga proses selesai.
  3. Setelah persiapan dan bahan selesai di install, bongkar Redmi Note 3 Pro kamu, lepas SIM Card kemudian lepas casing belakang (backdoor).
  4. Hati-hati pada bagian kabel fleksibel finger print, lepas terlebih dahulu socketnya.
  5. Buka seluruh baut motherboard karena test point Redmi Note 3 Pro berada di bagian belakang motherboard ini.
  6. Selanjutnya lepas socket baterai
  7. Jika sudah terbuka, sambungkan Redmi Note 3 Pro kamu ke PC/Laptop dengan kabel USB yang berkualitas baik.
  8. Selanjutnya balik motherboard dan lakukan short contact pada titik tembaga (test point) Redmi Note 3 Pro kamu kira-kira seperti ini.
  9. Lebih jelasnya, ini dia letak test point-nya :
  10. Keraskan suara PC/Laptop kamu agar terdengar nadan “cetung”, kemudian lakukan short contact (dikorsletkan) pada kedua titik tembaga seperti gambar di atas.
  11. Jika terdeteksi, akan muncul Qualcom HS-USB QDLoader 9008 tanpa tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.
  12. Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna atau kamu belum menonaktifkan driver signature.
  13. Jika sudah berhasil, lanjut ke langkah selanjutnya.
  14. Kembali ke MiFlash Tools, klik Refresh.
  15. Selanjutnya pilih select, dan arahkan ke folder dimana kamu menyimpan hasil ekstrak dari ROM Kenzo tadi.
  16. Maka Kenzo kamu akan terdeteksi sebagai COMX, tergantung dari PC/Laptop kamu.
  17. Selanjutnya pilih select, dan arahkan ke folder dimana kamu menyimpan hasil ekstrak dari ROM Kenzo tadi.
  18. Klik OK.
  19. Pada opsi di bagian bawah MiFlash, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.
  20. Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.
  21. Tunggu beberapa saat hingga proses flashing selesai ditandai dengan status “flash done” dan result “success” yang memakan waktu kurang lebih 238 detik pada smartphone saya.
  22. Lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.
  23. Sampai tahap ini, langkah menyelamatkan Redmi Note 3 Pro yang hardbrick atau mati total telah selesai. Silahkan lakukan setup ulang hingga masuk ke Homescreen.

Cara Menyelamatkan Data di Internal Storage

  1. Buka folder ROM, cari file rawprogram0.xml di dalam folder /images.
  2. edit dengan menggunakan text editor seperti Notepad++ atau SublimeText.
  3. hapus bagian ini : <program SECTOR_SIZE_IN_BYTES="512" file_sector_offset="0" filename="userdata.img" label="userdata" num_partition_sectors="0" partofsingleimage="false" physical_partition_number="0" readbackverify="false" size_in_KB="0" sparse="true" start_byte_hex="0xc4000000" start_sector="6422528"/>
  4. selanjutnya simpan dan lakukan proses flashing seperti langkah di atas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 Mati Total 100% Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel