Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Via Odin

Samsung Samsung Galaxy J2 Prime adalah perangkat yang berbasis Android yang masuk ke Indonesia.

Mengenai Operating System (Sistem Operasi) atau dikenal dengan istilah Firmware / Stock ROM Samsung J2 Prime, saat ini sudah banyak beredar di berbagai situs online ternama. Firmware ini sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya memperbaiki OS yang rusak (bootlop), Hapus Root (Unroot), upgrade / downgrade sistem operasi, mengatasi kamera gagal Samsung, mengatasi Custom Binary Blocked by FRP Lock, lupa kunci pola, serta masih banyak lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada tutorial kali ini kita akan membahas secara detail lengkap dengan gambar tentang Bagaimana Cara melakukan Flash Firmware Samsung Galaxy J2 Prime.

Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime

Sebelum melakukan proses flashing, kalian harus mempersiapkan beberapa bahan software atau aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftar lengkapnya.

Alat dan bahan yang digunakan

  1. Kabel USB, disarankan yang original.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (Install dan restart komputer).
  4. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak menggunakan winrar / 7zip).
  5. Firmware Samsung Galaxy J2 Prime XID (3,85 GB) (ekstrak juga filenya hingga memiliki ekstensi .tar.md5).
Setelah semua kebutuhan sudah dilakukan, selanjutnya disarankan untuk melakukan BACKUP ROM atau semua data yang ada di dalam ponsel disalin atau dipindahkan terlebih dahulu. Karena proses flashing akan menghapus semua data dan mengembalikan perngkat menjadi bawaan pabrik yang ada dalam memori internal HP.

Proses Flash Firmware

Peringatan!: Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP. Oprekersphone.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan perangkat anda terlebih dahulu kemudian masuk Downloading Mode. Untuk melakukannya, silahkan tekan tombol 'Power + Volume Bawah + Volume Atas' secara bersamaan kurang lebih 3 sampai 5 detik (hingga ada getaran) lalu lepaskan. Setelah itu tekan lagi tombol 'Volume Atas' untuk masuk ke halaman utama downloading mode.
Step #2. Jalankan aplikasi ODIN3. Caranya silahkan klik kanan pada aplikasi ODIN, lalu pilih 'Run as administrator'.
Step #3. Hubungkan smartphone kalian dengan komputer menggunakan kabel USB. Sesaat setelah terhubung, perhatikan di bagian 'Log' ODIN, jika terdapat pesan 'Added!!', berarti keduanya sudah terhubung dengan baik. Namun apabila tidak ada, cobalah untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau ganti dengan kabel USB yang lain.
Step #4. Selanjutnya, klik tab 'Options' pada ODIN kemudian ceklis (✓) pada kolom "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya tidak perlu dicentang.
Step #5. Karena file firmware di atas merupakan singel file, jadi kalian hanya perlu menekan tombol "AP" saja yang ada disebelah kanan ODIN, setelah itu pilih Samsung Galaxy J2 Prime (ekstensi .tar.md5).
Tetapi jika file firmware yang kalian ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus mengklik satu-persatu tombol tersebut kemudian pilih sesuai dengan nama file.
Step #6. Langkah berikutnya, silahkan klik 'Start' untuk memulai proses pemasangan firmware dan tunggu hingga selesai. Apabila prosesnya berhasil, maka ODIN akan menunjukkan pesan PASS!!, tetapi jika gagal, pesan yang ditampilkan FAIL!!.
Step #7. Saat flashing berhasil, ponsel secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Tahap ini terkadang memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 menit atau bahkan lebih. Untuk itu silahkan tunggu hingga perangkat menyala sempurna. Sambil menunggu, silahkan cabut kabel USB yang menghubungkan HP dengan komputer. Selesai.

Solusi Gagal Flash Samsung

Ketika proses flashing mengalami kegagalan, cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini.
Ganti kabel USB.
  1. Jalankan ODIN dengan cara Run as administrator.
  2. Pastikan anda membaca teliti panduan di atas jangan sampai ada yang terlewatkan.
  3. Periksa port USB, jangan sampai goyang atau bermasalah.
  4. Periksa firmware, apakah sudah sesuai dengan nomor model ponsel ataukah tidak.
  5. Periksa file firmware/ROM, pastikan tidak mengalami kerusakan (corrupt) saat selesai didownload.
  6. Update Samsung USB Driver atau flashtool ODIN ke versi baru.
  7. Install ulang Samsung USB Driver, lalu restart komputer.
Setelah tips-tips di atas sudah dilaksanakan namun tetap gagal, besar kemungkinan Ponsel Samsung J2 Prime yang mengalami masalah. Untuk itu cobalah untuk memeriksakannya ke service center terdekat yang ada di kota kalian.

0 Response to "Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Via Odin"

Posting Komentar